Kamis, 08 Desember 2016

Ulasan 1



         Dalam post ini, kami Dwitri Raizha A. dan M. Rizky Darmawan sebagai penulis akan mengulas video yang berjudul "Revolution OS" dengan URL youtube https://www.youtube.com/watch?v=jw8K460vx1c yang berdurasi 1 jam 25 menit 10 detik dan dibuat oleh J. T. S. Moore. Video ini berisi informasi mengenai GNU, Linux, Open Source dan gerakan Free Software.

         Pada 30 menit pertama, video ini membahas OS Linux yang pada awalnya dibuat berdasarkan Proyek GNU GPL (General Public License). Sehingga, user dapat dengan bebas mengakses dan mengubah source code dari program yang disebarkan tanpa harus dibebani oleh segala permasalahan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) dan tanpa harus bernegosiasi kontrak setiap kali membeli software. Dahulu, source code dirahasiakan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Namun sekarang, banyak hacker yang berjuang dalam pengembangan free open source, sehingga berpotensi untuk melawan kredibilitas software berlisensi seperti Windows.

         Pada 30 menit kedua, video ini membahas pengertian Linux menurut beberapa ahli. Menurut Tom Castello, Linux adalah sistem operasi komputer sebagai alternatif operating system windows yang telah memiliki jutaan pengguna, dikembangkan oleh ratusan programmer yang bekerja sama dalam jaringan, dan terkenal karena kecepatannya. Sedangkan, menurut Linus Trovalds (pembuat Linux kernel), kata Linux dibuat hanya dengan mengubah huruf terakhir namanya saja dan untuk memahami arti Linux sebenarnya hanya cukup memahami arti dari sistem operasi.

         Pada 25 menit terakhir, video ini membahas beberapa sejarah namun berfokus pada pengertian open source, emacs, dan GNU. Disebutkan bahwa definisi dari open source sendiri adalah jalan keluar bagi pengguna untuk menggunakan software tanpa dibebani oleh semua permasalahan properti intelektual, dan tanpa harus bernegosiasi kontrak setiap kali membeli software. Emacs didefinisikan sebagai sebuah text editor yang banyak digunakan untuk pemrograman komputer dan biasanya digunakan pada sistem operasi Linux. Sedangkan, GNU adalah free software yang digunakan untuk 'kebebasan'. Kebebasan yang dimaksud adalah bebas untuk memakai, membuat perubahan, dan menyebarkan salinannya, sehingga orang lain dapat memperoleh keuntungan juga.

         Penulis berpendapat bahwa konten video ini sangat bagus dan membangkitkan semangat untuk membuat revolusi selanjutnya. Sangat menarik melihat perkembangan GNU/Linux dari perspektif para ahli. Video ini telah memperlihatkan perjuangan orang-orang hebat yang telah berjuang agar terdapat 'kebebasan' untuk memakai, mengubah, dan menyebarkan source code

GitHub Account penulis ulasan ini adalah ashasy dan rzkydrmwn
URL  ulasan ini adalah http://dwitri-rizkydarmawan.blogspot.co.id/2016/12/ulasan-1.html.
URL konten youtube ulasan ini adalah https://www.youtube.com/watch?v=jw8K460vx1c dan berdurasi 1 jam 25 menit 10 detik. 
Submisi pertama dilakukan pada tanggal 8 Desember 2016 dan submisi revisi terakhir tanggal 8 Desember 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar