Sabtu, 10 Desember 2016

Ulasan 2


         Dalam post ini, kami Dwitri Raizha A. dan M. Rizky Darmawan sebagai penulis akan mengulas video yang berjudul "Introduction to Real-Time Operating Systems" dengan URL youtube https://www.youtube.com/watch?v=Kp8y4qGFZdg yang berdurasi 1 jam 2 menit 26 detik dan dibuat oleh Balamurugan Sanjeevirayar. Video ini berisi informasi mengenai Real-Time Operating Systems.

         Pada 30 menit pertama, dijelaskan struktur awal dan pengertian dari Real-Time Operating Systems (RTOS) yaitu sistem operasi yang multitasking yang ditujukan untuk aplikasi yang real-time. RTOS memiliki 5 karakteristik, yaitu reliability (kemampuan bekerja tanpa intervensi manusia), predictability (perilaku bisa diprediksi untuk rentang waktu yang telah ditentukan), performance (mampu menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin), compactness (ukuran dan penggunaan resource terbatas, pengaruh dari desain dan biaya), serta scalability (modular untuk mendukung berbagai macam tingkat kekompleksan aplikasi). Fungsi dari RTOS Kernel adalah sebagai processor management, memory management, timer management, task management, inter-task communication and synchronization.

         Pada 30 menit terakhir, dijelaskan bahwa ada 3 macam RTOS, yaitu eCos, FreeRTOS, dan FemtoOS. Namun, yang paling populer dan sering digunakan adalah FreeRTOS. FreeRTOS (Free Real-time operating systems) adalah sebuah real time operating system yang digunakan untuk embeded devices atau microcontrollers untuk kebutuhan sistem operasinya. FreeRTOS didistribusikan secara gratis melalui GPL dengan beberapa pengecualian untuk kalangan industri tertentu. Beberapa keunggulan dari FreeRTOS diantaranya adalah penjadwalan dapat dikonfigurasi untuk operasi preemptive dan cooperative,co-routine dalam freeRTOS sangat sederhana dan memiliki stack untuk task ringan dan terbatas, kecil dan sederhana karena hanya 3 file source code sehingga cocok untuk para pengguna baru yang masih awam terhadap RTOS. 

         Penulis berpendapat bahwa konten video ini sangat edukatif dan mudah dipahami. Bahasa yang digunakan tidak sulit, dan karena terdapat banyak text dan gambar menjadi lebih mudah dipahami. Informasi yang diberikan pada video ini juga telah mencakup dasar RTOS seara detail dan mendalam.

GitHub Account penulis ulasan ini adalah ashasy dan rzkydrmwn.
URL  ulasan ini adalah http://dwitri-rizkydarmawan.blogspot.co.id/2016/12/ulasan-2.html.
URL konten youtube ulasan ini adalah
https://www.youtube.com/watch?v=Kp8y4qGFZdg dan berdurasi 1 jam 2 menit 26 detik.
Submisi pertama dilakukan pada tanggal 10 Desember 2016 dan submisi revisi terakhir tanggal 10 Desember 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar